Automotif Tabrak Lari

Published on October 16th, 2012 | by John

0

Kecelakaan Tabrak Lari : Apa Yang Harus Kita lakukan

Tabrak lari terjadi sekitar 1 dari 10 kecelakaan mobil. Jika kamu pernah berada di dalam mobil dan disambar oleh kendaraan lain dan langsung melarikan diri, anda harus melakukan beberapa hal segera setelah kecelakaan terjadi.

Jika anda berada dalam posisi yang beruntung tanpa luka yang cukup berarti, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menepi untuk menggeser kendaraan anda ke daerah aman terdekat. Setelah anda menepikan mobil anda segera lihat kondisi kesehatan penumpang lain yang berada di dalam mobil. Jika ada yang terluka segera hubungi nomor polisi polisi terdekat atau meminta bantuan orang sekitar (jika ada berada di tempat yang ramai).

Banyak orang yang berusaha mengejar pengemudi yang melarikan diri padahal ini sangatlah berbahaya bagi nyawa anda dan nyawa orang lain. Sebaiknya anda harus melakukakan hal-hal berikut:

Menulis Semua Kejadian Yang Kamu Ingat

Tulislah segala sesuatu yang anda ingat tentang kecelakaan yang melanda kendaraan anda. Pastikan anda menulis plat nomor kendaraan. tanggal dan waktu kecelakaan, warna kendaraan, merek dan model kendaraan dan ke arah mano supir kendaraan itu pergi. Anda juga dapat menambahkan rincian mobil yang akan memudahkan pihak penegak hukum untuk menemukaanya. Jika anda melihat apakah mobil itu punya stiker, apakah pengemudi pria atau wanita, dapakan usia pengemusi muda atau tua dan sebagainya.

Hubungi 112 atau Nomor kantor polisi terdekat

Setelah mobil anda ditabrak, hendaklah anda menghubungi kator polisi terdekat. Bertitahu pihak kepolisian identitas anda, dimana lokasi anda, warna apa mobil anda dan kapan waktu kejadian. Mereka akan segera datang ke lokasi kejadiaan untuk bertindak lebih lanjut. Jika didaerah tersebut tidak ada jaringan Telepon, anda dapat memasang tanda pertolongan di pinggr jalan untuk meminta pengemudi lain supaya menghubungi polisi yang mereka temui dijalan atau setidaknya menelpon polisi jika sinyal sudah ada.

Cari saksi

Lihatlah ke sekeliling anda dan perhatikan apakah ada saksi yang melihat kejadian tersebut. Jika mungkin mendapatkan saksi mintalah saksi tersebut untuk tinggal di tempat kejadiaan sampai polisi tiba. Jika mereka tidak bisa tinggal, mintalah beberapa informasi pribadi saksi tersebut seperti nama, alamat dan nomor telepon. Saksi sangat berguna untuk membantu anda dalam proses hukum. Pihak kepolisian nantinya akan menghubungi saksi tersebut untuk keterangan dan rincian guna diperbandingkan dengan keterangan yang anda sampaikan.

Ambil Foto

Pastikan bahwa anda mengambil foto dari kerusakan kendaraan anda dan foto jalan dimana tepatnya anda ditabrak. Foto-foto tersebut dapat dijadikan bukti ketika proses hukum berlangsung.

Sampaikan Laporan Tersebut Ke Polisi

Setelah polisi tiba di tempat kejadiaan anda dapat mengajukan laporan apa yang anda alami kepada pihak polisi. Petugas akan meminta anda untuk mengisi beberapa rincian yang penting. Jika memang anda tidak bisa menghubungi polisi karena berbagai alasan, anda dapat menyampaikan laporan tadi dengan mendatangi kantor polisi lalu sertakan semua yang anda tulis, foto, dan identitas saksi bila ada.

Memang tidak semua hal diatas dapat menjamin bahwa pelaku tabrak lari tersebut akan dapat ditangkap dan diproses oleh hukum. Namun setidaknya anda sudah melakukan hal yang paling benar ketimbang berusaha mengejarnya sendiri. Cukup dengan mengikuti prosedur di atas dan jangan membuatnya menjadi jauh lebih rumit.

Tags: ,


About the Author

John

John adalah seorang blogger handal yang sudah lama berselancar didunia internet. Selain menulis, john senang traveling ke tempat-tempat unik. Google



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑