Pendidikan Sungai Thames di London

Published on September 22nd, 2012 | by Fredy

0

Daftar Sungai Yang Paling Terkenal di Seluruh Dunia

Sungai adalah salah satu berkah alam yang merupakan kunci untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan semua makhluk.

Bahkan sekarang di zaman modern, kita masih tahu pentingnya sungai, dan banyak negara yang memiliki sungai yang dianggap sakral. Irigasi, pasokan air segar dan pembangkit listrik tenaga air adalah hal yang tidak bisa dilakukan jika tidak ada sungai. Jadi di sini dalam artikel ini saya ingin memberikan daftar sungai-sungai yang paling terkenal di Dunia

Sungai Nil

Nil dianggap sebagai sungai terpanjang di dunia, sungai ini berada di timur laut Afrika. Sungai Nil memiliki panjang sekitar 4132 mil (sekitar 6650 km).

Sungai ini terbentuk dari dua anak sungai, Nil biru dari Danau Tana di Ethiopia dan Nil Putih yang berasal dari Danau Victoria.

Nil mengalir ke Laut Mediterania setelah melalui melalui Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Sudan dan Mesir. Nama ‘Nil’ dialihkan dari kata Yunani ‘neilos’, yang berarti lembah atau lembah sungai.

Sungai Amazon

Sungai Amazon adalah sungai terbesar di dunia dan merupakan sungai terpanjang di Amerika Selatan.

Sungai ini memiliki panjang sekitar 4000 mil yaitu sekitar 6400 km. Alirannya meliputi Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, Venezuela dan Peru. Sungai amazon memiliki lembah yang luas nya sekitar 2,3 juta mil persegi.

Sungai Thames

Sungai Thames, juga dikenal sebagai sungai Isis, adalah sungai di selatan Inggris. Sungai ini terkenal karena jalurnya yang mengalir dari pusat kota London.

Ya! Ini adalah sungai yang dilintasi oleh jembatan London Bridge. Sungai ini juga menyentuh beberapa kota lainnya yang meliputi Oxford, Reading dan Windsor. Ini adalah salah satu sungai terpanjang di Inggris dan terbesar kedua di Inggris. Sungai ini memiliki panjang sekitar 215 mil (kira-kira 346 km.).

Sungai Yangtze

Sungai Yangtze juga dikenal sebagai sungai Chang Jiang yang berada di Cina. Ini adalah sungai terpanjang di Asia. Sungai ini dianggap sebagai sungai terpanjang ke-3 di dunia setelah Nil dan Amazon.

Panjang sungai ini mencapai 6300 km. Sungai ini juga membagi garis Cina Selatan dan Cina Utara.

Mengalir dari arah timur provinsi Qinghai dan berakhir di Shanghai, Cina Timur Laut. Pabrik hidro terbesar di dunia dibuat di salah satu bendungan sungai ini, sehingga menjadikanya sebagai sungai yang sangat penting bagi rakyat cina.

Sungai Yenisei

Sungai Yenisei (juga ditulis sebagai Yenisey) berada di Rusia tengah. Jika kita berbicara tentang debit air, sungai ini berada pada peringkat keenam dunia dan pada posisi kelima sebagai sungai terpanjang di dunia.

Sungai ini mengalir dari Mongolia dan berakhir di Samudra Arktik melewati teluk Yenisei dan Siberia. Panjangnya sekitar 5539 km dengan kedalaman rata-rata nya 45 kaki (14m).

Sungai Mississippi

Sungai Mississippi mengalir di Amerika Utara . Sungai ini mengalir melewati dua provinsi Kanada dan 31 negara bagian Amerika Serikat. Sungai ini adalah salah satu perairan komersial tersibuk di dunia.

Sungai Severn

Sungai terpanjang di Inggris adalah sungai Severn. dengan panjang sekitar 220 mil atau sekitar 354 kilometer.

Sungai ini melewati pertengahan Wales dari Cambrian Mountains, dan kemudian mengalir ke selatan membentuk jalur setengah lingkaran ke Bristol dan bermuara di Samudera Atlantik.

Sungai Kongo

Sungai Kongo, juga dikenal sebagai Sungai Zaire berada di barat – Afrika Tengah.

Sungai ini memiliki panjang 2.900 mil (4700 km). Kongo adalah sungai kedua terbesar di Afrika. Aliran sungai ini dimulai dari dataran tinggi Zambia membuat busur searah jarum jam mengalir dari utara – barat dan selatan Afrika, kemudian berakhir di lautan Atlantik (Kongo).

Tags:


About the Author

Fredy

Helo, Nama saya fredy, saya senang menulis tentang topik internet dan teknologi. Saya berharap anda menyukai tulisan saya. Google



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑